Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Jurnal

Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Jurnal – Jurnal, apa saja contoh daftar pustaka dari internet dan buku? Pertanyaan-pertanyaan ini sering ditanyakan oleh siswa yang sedang mengerjakan laporan pelajaran. Apa itu bibliografi?

Karena laporan penelitian termasuk dalam tulisan non-fiksi, wajar jika bibliografi tidak dapat disediakan. Lalu apa itu bibliografi?

Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Jurnal

Judul buku menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI); nama penulis; Daftar penerbit, dll., ditempatkan di akhir esai atau buku, disusun menurut abjad.

Daftar Pustaka Harvard Style

Juga tidak ada alasan untuk memasukkan bibliografi dalam karya ilmiah. Anda dapat memahami fungsi bibliografi di sini:

Hal ini untuk menginformasikan kepada pembaca bahwa apa yang ditulis tidak berasal dari pemikiran mereka sendiri, tetapi juga dari pemikiran orang lain yang telah ditulis dalam buku-buku di daftar pustaka. Pembaca yang ingin mengetahui lebih jauh tentang pengumuman di surat kabar dapat mencari langsung dari daftar buku yang disertakan.

Hadiah diberikan kepada buku-buku yang diselesaikan dari ide-ide penulis. Penulis akan lebih profesional jika mencantumkan daftar pustaka.

Dalam penulisan daftar pustaka diklasifikasikan dari berbagai sumber. Beberapa hal yang paling umum untuk disertakan dalam menyusun daftar pustaka adalah sebagai berikut.

Penulisan Kepustakaan Dan Perujukan Pustaka

Sumber internet: nama penulis dan/atau editor (jika tersedia); Nama artikel dalam tanda kutip (jika ada); nama situs web; Editor, tanggal posting; volume atau nomor penerbit; informasi penerbit, termasuk nama penerbit; informasi penerbit; dan tanggal publikasi. nomor halaman (jika ada); media publikasi; Konten yang Anda akses; Rekam semua URL (jika diperlukan atau untuk referensi pribadi Anda).

Judul buku dicetak miring atau italic setelah tahun terbit. Kota penerbit diakhiri dengan titik dua (:) setelah judul buku. Kemudian saya menambahkannya ke akhir penerbit. Penerbit adalah PT atau CV dari buku yang diterbitkan. Kota penerbit diakhiri dengan titik (.).

Namun, sumber bibliografi tidak hanya dari buku, tetapi juga dari sumber lain. Sekarang kita dapat mengurai proses penulisan contoh daftar pustaka berdasarkan sumbernya. Agar mudah dipahami mari kita ulas satu per satu.

Saat ini, buku lebih disukai oleh banyak orang untuk dijadikan referensi. Itulah mengapa sangat penting untuk menyertakan referensi dari penulis asli yang Anda buat untuk menghindari plagiarisme.

Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Jurnal Secara Otomatis

Beberapa penulis terkadang menulis buku dengan beberapa revisi, sementara yang lain merevisi atau memperbaruinya. Tulis daftar pustaka sebagai berikut.

See also  Cara Pinjam Pulsa Telkomsel

Jika Anda memiliki seorang penulis dalam referensi Anda, Anda dapat menulis seperti contoh di atas. Sedangkan jika surat referensi Anda memiliki dua nama penulis, Anda dapat mencantumkan keduanya, tetapi Anda dapat mencantumkan salah satu nama penulis. dengan catatan; Nama penulis pertama dibalik dan nama penulis kedua tidak dibalik.

Jika ada lebih dari dua penulis untuk sumber referensi, teks harus mencantumkan “et al”. DCC adalah akronim yang berarti “teman”.

Terkadang saat Anda menulis sumber referensi, Anda akan menemukan buku tanpa penulis yang terdaftar. Ini sering terjadi. Apabila hal ini terjadi, saat menulis sumber referensi, judul buku, kota terbit Anda hanya perlu mencantumkan nama penerbit dan tahun terbit.

Cara Membuat Daftar Pustaka Dilengkapi Dengan Contoh

Jurnal, surat kabar, atau laporan umumnya dibagi menjadi dua jenis: cetak dan online atau digital. Di bawah ini adalah rencana penulisan daftar pustaka dengan sumber jurnal.

Penulis Nama tahun jurnal diterbitkan. Judul jurnal; nama penerbit; Volume jurnal atau informasi publikasi; Jurnal ini bersumber dari jurnal online dan menyertakan tautan URL untuk mengakses data akses jurnal jika tersedia. Jika Anda mengambil kutipan dari Internet, informasinya benar-benar benar dan penulisnya ada di sana.

Nama penerbit; Kota Terbit Ada sedikit perbedaan penulisan khusus untuk sumber referensi jurnal tanpa mencantumkan nama penerbit.

Yang dibutuhkan koran dan majalah adalah penulisnya. Judul artikel (titik referensi); judul surat kabar atau terbitan (miring); Tanggal publikasi dan nomor halaman dari mana informasi itu diperoleh; dikumpulkan.

Cara Penulisan Daftar Pustaka Dari Semua Sumber

Saat mengutip sumber online, sertakan yang berikut ini: penulis; judul atau judul halaman; nama situs web; Penerbit situs web (jika tersedia); Sertakan tanggal publikasi dan alamat web atau URL tertentu.

Mengacu pada wawancara pribadi, artinya yang diwawancarai adalah nama narasumber (penulisan sama di buku dan majalah, nama belakang didahulukan); Kemudian “wawancara pribadi” dan tanggal wawancara; dianggap hasilnya seperti ini:

Jika Anda mengutip wawancara yang dilakukan oleh orang lain; Sumber referensi adalah nama narasumber; Last Name Sama seperti wawancara pribadi, Anda harus memulainya terlebih dahulu. Jika sumber wawancara diterbitkan dalam publikasi cetak seperti buku atau majalah; Judul terbitan dicetak miring. Ini adalah nomor volume atau teks; Diikuti oleh tahun kemudian mengikuti nomor halaman di mana wawancara itu diterbitkan. Seperti contoh berikut

See also  Cara Menghapus Halaman Kosong Di Word

Jika wawancara berjudul terpisah dari karya yang diterbitkan. Pastikan untuk memasukkannya ke dalam kutipan alih-alih “Wawancara Penulis Anne”. Contoh mengikuti.

Penulisan Kutipan Dan Daftar Pustaka

Jika wawancara tersebut merupakan bagian dari program televisi atau media penyiaran lainnya; Ikuti petunjuk di atas; Tapi abaikan volume dan nomor halamannya. Sebagai gantinya, masukkan nama pewawancara sebagai “oleh/oleh [nama]” setelah judul acara.

Banyak makalah penelitian mungkin mengharuskan penulis untuk mengutip film atau program televisi. Aturan kutipan sangat sederhana. Saat Anda mengekstrak film, format dimulai dengan judul film (miring); Lalu “sutradara dengan nama”; Kemudian studio film dan tahun rilis. Setelah memilih sutradara, penting untuk memasukkan pertunjukan penting.

Oleh karena itu ikhtisar bibliografi lengkap Deepublish. Saya harap ini membantu Anda menyelesaikan persiapan karya ilmiah Anda. Halo!!

Pertama, tentukan struktur bibliografi (penulis, judul, penerbit, tempat terbit dan tanggal terbit). Kedua, tentukan model mana yang akan digunakan. Terakhir, tulis di Microsoft Word. Mahasiswa yang melakukan penelitian harus berpikir dan memahami bagaimana menulis daftar pustaka dalam jurnal. Masih bingung cara menulisnya?

Cara Menulis Daftar Pustaka Sumber Internet

Sumber bibliografi karya ilmiah adalah buku, surat kabar, internet, dapat berupa jurnal yang disusun menurut abjad.

Jika tidak ada DOI, artikel diakses melalui database komersial (JSTOR, Elsevier, Emerald, dan lainnya) atau halaman web.

Penulisan bibliografi jurnal gaya APA diawali dengan nama belakang penulis diikuti nama depan; Kemudian, tahun majalah itu diterbitkan. nama jurnal judul dicetak miring; volume dalam huruf miring; Jurnal dan nomor halaman.

Penulis Ilham Budhiman 99.co Indonesia. Hukum Lulusan Sastra Daerah yang bekerja sebagai jurnalis sejak 2016 dengan fokus pada bidang logistik dan peliputan BUMN.

Ini Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Jurnal, Skripsi, Dan Internet

Penulis 99.co Indonesia. Hukum Lulusan Sastra Daerah yang bekerja sebagai jurnalis sejak 2016 dengan fokus pada bidang logistik dan peliputan BUMN.

7 Maret 2023 Potret rumah aktris senior Ita Mustafa dengan luas 8 meter persegi. 3 min Ita Mustafa, aktris senior Indonesia, baru-baru ini memperlihatkan isi rumah mewahnya. Ingin tahu seperti apa potret itu? Mari kita lihat bersama-sama datang! Ilham Budhiman pada 7 Maret; Baca 2023 3 min Daftar Kode Remote Joker Lengkap Terbaru untuk Beberapa Merk TV 2023 4 min Kode remote Joker sangat diperlukan agar pengguna remote control TV universal dapat menerapkannya ke berbagai merek TV di rumah. Masih bingung? Lihat kode di artikel ini. Ilham Budhiman pada 7 Maret; Cara menyembunyikan hasil mobile legend 2023 4 menit baca. Ini sangat mudah. Cara menyembunyikan hasil event ML 3 menit terlihat sangat mudah bahkan bisa dilakukan tanpa pre-server. Cek setiap langkah di artikel ini ya. Ilham Budhiman 4 mnt baca 6 Maret 2023 9 Dzikir untuk menenangkan hati (Arab, Latin dan artinya) 4 mnt. Seperti obat kuat yang menenangkan pikiran dan jiwa. Berikut bacaan yang bisa dipraktikkan orang kaya setiap hari. Ilham Budhiman 6 menit baca 6 Maret 2023 8 Cara Cepat dan Mudah Cek Jaringan Indihome Online 2023 4 menit Cek Jaringan Indihome wajib bagi yang ingin mengetahui ketersediaan jaringan di sekitar tempat tinggal Anda. Pelajari lebih lanjut tentang cara menyiapkan Internet di rumah. Ilham Budhiman Bacaan 5 Menit 6 Maret 2023 Jangan Ketinggalan Lari, Ini Tandanya Kucing Masuk Rumah Menurut Islam. Pembawa kebahagiaan bagi penghuninya. Dalam waktu 3 menit, kucing itu tiba di rumah menurut Islam dan memberikan pesan baik kepada penghuninya. Jadi jangan langsung menepisnya karena membawa pertanda. Ilham Budhiman 5 menit membaca 5 Maret 2023 8 sampel tesis penelitian kuantitatif, makalah dan karya tulis ilmiah lainnya dalam 6 menit untuk menyelesaikan Selain penelitian kualitatif, salah satu metode penelitian yang paling umum digunakan adalah penelitian kuantitatif. Bagi yang berencana melakukan penelitian dengan menggunakan metode ini saja; Berikut adalah contoh penelitian kuantitatif yang sebenarnya. Jangan khawatir, oke! Ilham Budhiman 9 menit baca 3 Maret 2023 Catatan, KRL Jakarta 2023 terbaru rute terlengkap untuk memudahkan perjalanan 3 menit bagi para properti di Jakarta yang tinggal dan ingin bepergian dengan transportasi umum. Apakah Anda tahu rute KRL Jakarta? Kalau belum, cek detailnya di sini ya. Ilham Budhiman 4 menit baca 1 Maret 2023 9 Keren untuk berbagai ruangan di rumah. Ide Plafon Kaca Kecil dan Fungsional dalam 3 Menit Selain gipsum atau kayu, plafon kaca merupakan material lain yang bisa digunakan sebagai penutup plafon di rumah. Tertarik melamar? Lihatlah beberapa model dan desain yang fantastis. Ilham Budhiman 4 menit baca 03 Maret 2023 6 Bahaya menanam pohon pepaya di depan rumah tidak hanya merusak pondasi. 2 menit Ada banyak alasan mengapa Anda sebaiknya tidak menanam pohon pepaya di depan rumah. Salah satunya adalah akar pohon yang dapat merusak pondasi bangunan. Cari risiko lain.

See also  Cara Tf Pulsa Telkomsel

Leave a Comment